Ada kesalahan di dalam gadget ini

Absen Negara Masuk

free counters

Total Tayangan Laman

Selasa, 03 April 2012

Setup HomeGroup pada Windows 7

Setup HomeGroup pada Windows 7

Berbagi dokumen, foto, lagu, video dan printer dengan anggota keluarga yang berada dalam satu rumah merupakan salah satu rutinitas penulis lakukan. Dalam berbagi file-file tersebut penulis lebih *** menggunakan media jaringan di banding dengan media penyimpanan portable seperti USB FlashDisk atau juga Hardisk eksternal. Berbagi file melalui jaringan terbilang lebih simple di banding menggunakan media penyimpanan portable, dimana jika menggunakan media penyimpanan portable besar data yang akan di transfer di batasi oleh kapasitas penyimpanan media penyimpanan tersebut.
Pada windows 7 microsoft mengenalkan sebuah fitur jaringan yang baru yaitu HomeGorup. Fitur ini di tujukan kepada pengguna komputer rumahan untuk mempermudah berbagi file dokumen, foto, lagu, ,musik dan printer. Pada sistem operasi sebelum Windows 7, untuk bebagi file-file banyak pengguna komputer rumahan yang mengalami kesusahan. Berdasarkan pengalaman tersebut maka pada Windows 7 di tambahkan sebuah fitur HomeGroup untuk memudahkan pengguna komputer khususnya pengguna komputer rumahan dalam berbagi file dan printer.
Untuk masalah kemanan HomeGroup di lengkapi dengan password, jadi hanya orang-orang yang mengetahui passwordnya yang dapat bergabung, selain itu kamu juga dapat membatasi orang lain agar tidak dapat merubah file-filemu kecuali memberikannya ijin. Jika pada jaringanmu terdapat sebuah HomeGroup maka otomatis pada komputer yang lain akan terdapat sebuah menu Join untuk begabung ke HomeGroup tersebut. Setelah kamu memutuskan untuk bergabung dengan HumeGroup tersebut maka kamu dapat memilih folder-folder mana saja yang akan di sharing.
Untuk dapat menciptakan sebuah HomeGroup atau ingin bergabung dengan sebuah HomeGroup kamu harus menggunakan Windows 7, jadi buat kamu yang masih memakai Windows XP atau Windows Vista hal itu belum bisa di lakukan. Fitur HomeGroup terdapat pada semua versi dari Windows 7 mulai dari versi Home Premium sampai versi Ultimate. Oke, untuk melakukan setup HomeGroup pada Windows 7 ikut langkah-langkah berikut :
1. Sebelum kamu melakukan setup HomeGroup, pastikan Network Location anda adalah Home network dan IPv6 ada dalam keadaan enable pada setiap komputer.

Gambar1
Gambar2

2. Selanjutnya untuk menciptakan sebuah HomeGroup buka Control panelNetwork and Internet kemudian klik pada HomeGroup.
Gambar3
3. Muncul halaman HomeGroup kemudian klik tombol Create a homegroup.
Gambar4
4. Kemudian pilih file apa saja yang akan kamu sharing, kemudian klik tombol Next.
Folder-folder tersebut yang terdapat pada Libraries.
Gambar5
5. Selanjutnya muncul halaman password, kemudian klik tombol Finish.
Password akan tercipta secara acak, catat password tersebut, karena password itulah yang akan di gunakan untuk bergabung ke dalam HomeGroup.
Sampai di sini pembuatan HomeGroup telah selesai, sangat mudah seali bukan? jika di banding melakukan manual sharing pada Windows XP atau Windows Vista, langkah selanjutnya yaitu begabung ke dalah sebuah HomeGroup.
6
6. Jika di rasa password yang tercipata secara acak sangat susah untuk di hafal maka kamu dapat merubahnya.
Untuk merumbahnya klik pada Change the password.
7
7. Kemudian akan muncul halaman Changing the homegroup password will disconnect everyone pilih Change the password.
8. Muncul halaman Type a new password for your homegroup ketikan password yang kamu inginkan kemudian klik Next.
9. Setalah sukses klik tombol Finish.
Gambar8
10. Selanjutnya yaitu bergabung ke HomeGroup, pindah ke komputer yang lain, buka Control PanelNetwork and Internet kemudian pilih HomeGroup.
11. Selanjutnya muncul halaman homegroup, untuk bergabung klik tombol Join Now.
secara otomatis komputer yang terpadat pada jaringan yang sama akan mengenali HomeGroup yang terdapat pada jaringan tersebut.
Gambar9
12. Kemudian pilih file apa saja yang akan kamu sharing, kemudian klik tombol Next.
Folder-folder tersebut yang terdapat pada Libraries
Gambar10
13. Muncul halaman password, masukan password homegroup kemudian klik tombol Next.
Gambar11
14. Komputer telah berhasil bergabung ke homegroup, seperti terlihat pada gambar di bawah. Klik tombol Finish.
Gambar12
15. Untuk mengecek bahwa setup homegroup telah berhasil, buka Windows Explore pada Menu sebelah kiri akan terdapat menu HomeGroup.
Gambar13



by http://mugi.or.id/
SETELAH MEMBACA JANGAN LUPA KOMENYA GAN MINIMAL TINGGAL KAN JEJAK...SALAM BLOGER..

<-------------------------------------------------------------------------->