Absen Negara Masuk

free counters

Total Tayangan Halaman

Jumat, 27 April 2012

Tentang RAM,VRAM,Integrated,Dedicated, VGA Share dan ATI Mobility Rodeon



RAM ( random access memory ) and VRAM ( Video RAM )
RAM adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.
Secara langsung dan tidak langsung aktifitas yg kita lakukan di PC akan mempergunakan memory yang ada. Tampak pada Task Manager > Memory Usage dapat terbaca proses apa yg sedang terjadi. Coba buka lah salah satu aplikasi yg ada di PC dan cek pada task manager, aplikasi yg baru saja anda buka tadi akan muncul pada task manager beserta jumlah memory yg dibutuhkan untuk aplikasi tersebut.
Sedangkan, VRAM adalah memori komputer yang digunakan untuk menyimpan data gambar yang ditampilkan di monitor komputer, yang bertindak sebagai buffer antara CPU dan kartu grafis. Bila ada gambar yang akan ditampilkan pada layar, gambar yang pertama dibaca oleh prosesor dan kemudian ditulis dengan VRAM. Data tersebut kemudian diubah oleh RAM digital-ke-analog converter (RAMDAC) menjadi sinyal analog yang dikirim ke layar. seluruh proses yang terjadi begitu cepat yang tidak dapat ditangkap oleh penglihatan manusia. Tidak seperti kebanyakan sistem RAM, VRAM adalah chip dual-porting, yang berarti bahwa saat layar membaca dari VRAM untuk memperbaharui gambar yang sedang ditampilkan, maka prosesor yang baru menulis gambar dengan VRAM, hal ini mencegah tampilan dari kerlip antara redrawing tampilan.
Dengan beberapa informasi di atas dapat diartikan RAM dan VRAM sama-sama dalam menulis dan membaca suatu data disimpan dalam memory RAM atau VRAM untuk diberikan pada proses selanjutnya. Tetapi kinerja VRAM lebih dikhusus kan pada proses pengolahan data grafis.
RAM terletak dan tertancap pada motherboard sedangkan VRAM terletak pada VGA ( video graphic card ) yg berada di board VGA apabila menggunakan VGA add on, apabila VGA onboard maka VRAM terletak pada motherboard.
RAM berbentuk board kepingan yg terdapat chip-chip diatas nya sedangkan VRAM berbentuk chip yg berada pada board VGA ( add on VGA ) atau board Motherboard ( on board VGA )
Dedicated tu artinya kartu grafis mandiri(tambahan). Biasanya uda pake merk, kyk nVidia GeForce 8600M GT ato ATi Mobility Radeon 2600XT. Cuma, pd umumnya produsen laptop uda masang ni kartu grafis dgn sndiriny krna parts pd lptop cnderung sulit diganti ato ditambah jd dipasangn aj ma produsennya. Sdangkn yg Integrated tu yg udh trsedia dr mainboard lptopnya. Si produsen udh gk nambah2in krtu grafis terpisah lg. Umumnya yg integrated tu pake nma chipset mreka sndiri n ada embel2 Shared Video Memory. Mis. Intel GMA X3100.

Yg Dedicated biasany ditulis d brosur ato spek dg tulisan: Mis. 256MB Video Memory(Dedicated).

Integrated, artinya VGA card tertanam di main board, dan tidak bisa dilepas (seperti kebanyakan laptop yang ada)
Yg Integrated biasanya: Mis. Up to 512MB(Shared)
VGA Share
Share vga memory artinya memory yang digunakan untuk memproses objek yang diambil dari memory laptop sehingga menyebabkan kinerja laptop menjadi berkurang namun hal tersebut dapat diatasi dengan menambah / mengupgrade kapasitas memory laptop
ATI Mobility Radeon (skrg AMD) adalah VGA dari AMD yg didesain khusus untuk ditanam di mainboard laptop dan All in One PC. disebut ati mobility radeon karena memang vga yang ditanam di laptop itu memang vga khusus buat notebook/laptop

Posting Komentar

SETELAH MEMBACA JANGAN LUPA KOMENYA GAN MINIMAL TINGGAL KAN JEJAK...SALAM BLOGER..
IP

<-------------------------------------------------------------------------->