Ada kesalahan di dalam gadget ini

Absen Negara Masuk

free counters

Total Tayangan Halaman

Selasa, 01 Mei 2012

DNS (Domain Name System)

APA ITU DNS (Domain Name System)

DNS (Domain Name System, bahasa Indonesia: Sistem Penamaan Domain) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain.


DNS menyediakan servis yang cukup penting untuk Internet, bilamana perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat e-mail. DNS menghubungkan kebutuhan ini.
DNS dipakai untuk memecahkan nama-nama host kedalam LAN. DNS mirip sekali dengan buku telepon, masing-masing komputer pada jaringan internet memiliki nama host atau IP. Sebelum implementasi DNS, nama komputer didefinisikan sebagai host yang memuat daftar nama dan alamat IP yang berkaitan. File host dikelola secara sentral dan masing-masing lokasi akan mendownload sebuah salinan baru secara berurut. Sehingga kedepannya perlu dikelompokan menjadi sebuah Database terdistribusi yang memungkinkan adanya spasi untuk nama berbentuk hirarkis, distribusi administrasi, type-type data yang diperluas, ukuran Database yang tak terbatas secara virtual dan unjuk kerja yang lebih baik. Jadi DNS adalah Layanan bagi alamat internet yang menerjemaahkan nama-nama domain yang sudah dikenali ke alamat IP numerik.


Fungsi DNS Windows 2008

Seperti kita ketahui bahwa Microsoft Windows Server 2008 mendukung penuh IPv4 dan IPv6. Protokol ini diletakkan agar komputer dapat berhubungan ke host (komputer dan TCP/IP network device lainnya), para pemakai cenderung menggunakan nama yang mudah dikenali. Misalnya, http://wss-id.org/ sebagai pengganti alamat IP-nya.
Domain Name System (DNS) memudahkan Anda untuk memakai nama-nama hirarki yang sudah dikenali untuk meletakkan komputer dan sumber daya yang lain secara mudah di sebuah jaringan IP.DNS dipakai pada Internet untuk menyediakan suatu konvensi penamaan standar bagi penempatan komputer-komputer berbasis IP. Sebelum Anda mengimplementasikan DNS, file Hosts dipakai untuk meletakkan sumber daya pada jaringan TCP/IP termasuk Internet. Para administrator jaringan memasukkan nama dan alamat IP ke file Host dan komputer-komputer yang memakai file untuk resolusi nama.Secara umum fungsi dan cara kerja dari DNS di Windows Server 2008  sama pada windows system server sebelumnya,  tetapi ada beberapa fitur-fitur tambahan antara lain IP version 6 (IPv6) support.
Cara Kerja DNS
DNS Resolver mengirimkan pertanyaan ke nama Server dan nama server akan mengirimkan informasi ke DNS Resolver, ketika nama server tidak bisa mengirimkan informasi ke DNS Resolver maka nama server akan mengirimkan ke nama server lain. DNS memetakan kelayer aplikation dan memakai UDP ( User Datagram Protocol ) dan TCP sebagai protocolnya
DNS RESOLVER > Aplication > Transport > Internet > Network
NAMA SERVER > Aplication > Transport > Internet > Network
SETELAH MEMBACA JANGAN LUPA KOMENYA GAN MINIMAL TINGGAL KAN JEJAK...SALAM BLOGER..

<-------------------------------------------------------------------------->